Trip and Culinary at Cigombong , Bogor

Tuesday, May 8, 2012
Perjalanan'ku hari ini menuju Cigombong , mungkin nama nya jarang muncul atau itu hanya perasaan'ku saja .. hehehehe ... Cigombong ini perbatasan antara Bogor dan juga Sukabumi , jadi tengah-tengah nya Cigombong .. Dengan mayoritas orang Sunda , makanan nya khas Sunda juga ... 3 hari selama di Cigombong kuliner'ku lumayan terkumpul dengan makanan khas nya Cigombong ..

Hari Pertama ~
Kebetulan sampe di Cigombong sudah malam , jadi perlu yang hangat-hangat di leher dan di perut .. Sekitar daerah tempat yang ku inap ada makanan yang membuat menarik ..

Soto Babat
Dengan Kuah yang bening , di lengkapi dengan Babat yang pasti nya bersama dengan bihun ,tak ketinggalan kol dan juga tomat yang jadi pelengkap nya .. Walau terlihat sederhana tetapi rasa kuah kaldu nya benar-benar terasa , dan juga pembeli nya sangat banyak ..


Hari Kedua ~
Pagi-pagi , sekitar jam 8 perut sudah mau di isi dan juga penasaran melihat sarapan yang ada di Cigombong .. Dari nama nya terlihat jarang muncul di Jakarta dan pasti rasa nya unik , harus di coba ..

Kupat Tahu
Kupat ini lain dari yang lain , biasa menggunakan kuah santan tetapi ini sangat lain .. Bumbu kacang sejenis bumbu Somay / Ketoprak , dan rasa nya pun unik .. Ketupat , tahu rebus , serta telur di siram bumbu kacang dan juga kecap , tak lupa bawang goreng dan kerupuk menjadi lengkap ...


Hari Ketiga ~
Sama seperti kemarin juga , sekitar jam 9 pagi perut sudah mau di isi .. selama seharian di Cigombong aku sedikit penasaran dengan Toge goreng yang di jual sekitar jalanan , ga pake lama memang harus di coba 

Toge Goreng
Mungkin nama nya menarik "Toge Goreng" , tapi ga ada sama sekali yang di goreng setelah aku liat .. Dengan bumbu kacang nya lagi , Toge goreng juga menggunkan bahan kacang .. Toge yang di rebus sangat banyak , Oncom , dan di siram dengan bumbu kacang , Tauco , rasa nya asem manis .. Rasa nya sangat enak , tetapi aku tidak suka Tauco karna asam yang berlebihan tetapi tetap abis juga ujung-ujung nya .. hehehe ..

Karna hari terakhir di Cigombong maka cari kuliner terakhir dan mendapat recomend terpercaya dari empunya rumah .. Tidak jauh dari tempat aku menginap ada sebuah tempat yang sangat unik dan juga makanan nya ga kalah enak , ga pake lama jalan ke TKP sekalian beli oleh-oleh ..


Ini dia oleh-oleh yang ku dapat , ada kacang , pisang goreng , kripik ubi , kripik bayam dan juga entah gula apa itu nama nya , karna bentuk nya unik maka ku beli .. dengan Rp. 50.000,- sudah bisa ku borong itu semua (Nawar nya sampe cape sama si abang) .. hehehe ...

Ga pake lama menuju TKP yang sudah di rencanakan , ini dia tempat nya "Rumah Makan Terapung" .. yang pasti memang benar-benar terapung , jadi makan nya di atas danau buatan ..

Ini dia tempat nya seperti ini , menyerupai saung ..


nah ini dia danau nya , ada lesehan yang menyerupai perahu dan bisa berkeliling tapi kena chas Rp. 150.000,- harga nya lumayan juga tetapi itu ga penting .. yang penting rasa makanan nya , tapi mau coba juga keliling sambil makan (suatu saat kalau dateng lagi)

Dengan menu yang berjejer membuat ingin ini itu , karna takut salah akhir nya langsung tanya ke pelayan apa yang recomend .. jatuh ke pilihan "Sop buntut" dan pilihan ku sendiri Tahu penyet , Tongseng ,dan juga Nasi Liwet ..

Sop Buntut
Ini dia Sop Buntut yang mengairah'kan , dan juga ga kalah kuah nya juga .. dengan daging sapi nya yang lembut , di tambah cabe nya semakin mantab ...

Nasi Liwet
Nasi yang di bungkus dengan daun pisang , semakin menambah nafsu karna wangi nya sangat enak ..

Tahu Penyet
Tahu yang di bakar , tidak lupa di taburi juga bersama dengan cabe rawit yang pedas nan menggoda ..

Tongseng Kambing
seperti tongseng'' lain nya , tetapi daging nya tebal dan juga kuah nya sangat manis :) cocok anget-anget ..

Sangat berkesan bisa menggunjungi Cigombong walau 3 hari saja , dan cukup lumayan mengitari Culinary nya , kalau ke sana lagi harus mencari makanan khas nya ^^

No comments:

Post a Comment